SILABUS
MATA PELAJARAN : PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS/SEMESTER : V (LIMA)/1
Standar Kompetensi:
1. Menghargai
berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa
Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam, dan suku bangsa serta kegiatan
ekonomi di Indonesia.
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
TUJUAN
|
MATERI POKOK
|
PENGALAMAN BELAJAR
|
TEKNIK PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SARANA DAN SUMBER BELAJAR
|
1.1
Mengenal
makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional pada masa
Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
1.2
Menceritakan
tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
1.3
Mengenal
keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di
Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya.
1.4
Menghargai
keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.
1.5
Mengenal
jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.
|
1. Menceritakan
peninggalan kerajaan Hindu di Indonesia.
2. Menceritakan
kejayaan kerajaan Majapahit dan peran Gajah Mada bagi nusantara.
3. Menceritakan
peninggalan kerajaan Budha di Indonesia.
4. Menceritakan
kerajaan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim dan pusat agama Budha di
Indonesia.
5. Menceritakan
peninggalan kerajaan Islam di Indonesia.
6. Meneruskan
nilai-nilai sosial yang tampak dari pribadi Gajah Mada dan rakyat Majapahit.
7.
Membuat daftar peninggalan sejarah
yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
1.
Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa
Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
2.
Menyebutkan tokoh yang paling disukai dan mengemukakan
alasannya.
3.
Menemukan nilai-nilai budi luhur lokal dan sejarah
Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
4. Menunjukkan
persebaran tokoh-tokoh sejarah masa Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia.
1. Mengidentifikasi
ciri kenampakan alam Indonesia.
2. Menunjukkan
persebaran flora dan fauna di berbagai wilayah pada peta Indonesia.
3. Mengidentifikasi
kenampakan buatan di Indonesia.
4. Membuat peta
timbul atau menggambar peta dengan menggunakan simbol.
5. Menjelaskan
ciri dan sifat cuaca/iklim perubahan cuaca dan iklim dan dampaknya terhadap
aktivitas masyarakat setempat.
6. Menjelaskan
pengaruh pembagian waktu bagi kehidupan sehari-hari.
1. Menunjukkan
pada peta, persebaran suku bangsa di Indonesia.
2. Mengembangkan sikap
menghormati keragaman suku bangsa.
3. Membuat
makalah tentang salah satu suku di Indonesia.
4. Memperagakan
salah satu kebudayaan daerah di Indonesia.
5.
Menceritakan keragaman budaya di Indonesia.
6.
Mengembangkan sikap menghormati keragaman budaya di Indonesia.
1. Menyebutkan
jenis usaha perekonomian dalam masyarakat.
2. Menyebutkan
contoh usaha yang dikelola sendiri atau kelompok.
3.
Menyebutkan jenis dan contoh usaha
yang dikelola pihak pemerintah dan pihak swasta.
4.
Menyebutkan dasar peraturan hukum
yang mengatur tentang perekonomian di Indonesia.
5.
Mengetahui dan paham terhadap hasil perekonomian yang menonjol di
setiap daerah (pulau) di Indonesia.
6. Mensimulasikan
salah satu kegiatan ekonomi di masyarakat.
7. Menjelaskan
cara menghargai usaha seseorang.
8. Menyebutkan
kegiatan ekonomi yang termasuk usaha kecil dan menengah.
|
1.
Siswa dapat menyebutkan peninggalan Hindu yang ada
dalam lingkup pulau dengan tepat setelah mendapat penjelasan singkat dari
guru.
2.
Siswa dapat menjelaskan tentang kerajaan Majapahit
dan peran Gajah Mada dengan tepat setelah mendapat penjelasan dari guru dan
buku teks.
3.
Siswa dapat menyebutkan peninggalan Budha yang ada
dalam lingkup pulau dengan tepat setelah mendapat penjelasan singkat dari
guru.
4.
Siswa dapat menjelaskan tentang sejarah kerajaan Sriwijaya
dengan tepat setelah mendapat penjelasan dari guru dan buku teks.
5.
Siswa dapat menyebutkan peninggalan Islam yang ada
dalam lingkup pulau dengan tepat setelah mendapat penjelasan singkat dari
guru.
6.
Siswa dapat menyebutkan nilai-nilai sosial yang
dimiliki Gajah Mada dengan tepat setelah mendapat penjelasan singkat dari
guru dan buku teks.
7.
Siswa dapat menyebutkan minimal 10 dari
peninggalan Hindu-Budha dan Islam di Indonesia dengan benar di akhir pembelajaran
materi.
1.
Setelah mendapat penjelasan dari guru, siswa dapat
menceritakan secara singkat 3 tokoh
sejarah masa Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia dengan benar.
2.
Setelah mendapat penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan 1 tokoh yang paling disukai dan mengemukakan
alasanya secara rinci.
3.
Melalui diskusi,
siswa dapat menjelaskan nilai-nilai budi
luhur lokal dan sejarah masa
Hindu-Budha dan Islam di Indonesia dengan baik.
4.
Melalui diskusi, siswa dapat menunjukkan 4
persebaran tokoh sejarah masa Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia dengan benar.
1.
Siswa dapat menyebutkan ciri kenampakan alam
Indonesia dengan tepat setelah mengamati gambar kenampakan dan mendengarkan
penjelasan guru.
2.
Siswa dapat menjelaskan persebaran flora dan fauna
diberbagai wilayah pada peta Indonesia dengan tepat setelah mendengar
penjelasan guru dan buku teks.
3.
Siswa dapat menyebutkan ciri kenampakan buatan di
Indonesia denga n tepat setelah mendengar penjelasan singkat dan buku teks.
4.
Siswa dapat membuat peta timbul atau menggambar
peta dengan menggunakan simbol dengan baik.
5.
Siswa dapat menyebutkan ciri dan sifat cuaca/iklim
perubahan cuaca dan iklim dan dampaknya terhadap aktivitas masyarakat
setempat dengan tepat setelah mendapatkan penjelasan guru dan buku teks.
6.
Siswa dapat menyeburkan pengaruh waktu prmbagian
waktu bagi kehidupan manusia dengan baik dan tepat setelah berdiskusi
dan mendapatkan penjelasan dari guru.
1.
Siswa dapat menunjukkan pada peta persebaran 5
suku bangsa di Indonesia dengan benar.
2.
Siswa dapat menjelaskan 3 sikap menghormati keragaman suku bangsa di Indonesia dengan baik.
3.
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri atau karakteristik salah satu suku
bangsa dengan benar.
4.
Siswa dapat memperagakan salah satu kebudayaan di Indonesia dengan baik.
5.
Siswa dapat menceritakan 3 budaya di Indonesia dengan benar.
6.
Siswa dapat menjelaskan 3 sikap menghormati keragaman budaya di Indonesia dengan baik.
1.
Siswa dapat menyebutkan dan paham akan jenis-jenis
usaha perekonomian di masyarakat.
2.
Siswa dapat mengetahui dan mengerti berbagai usaha
yang dikelola sendiri ataupun kelompok dengan benar.
3.
Siswa mampu menganalisis dengan benar berbagai
jenis usaha, baik yang dikelola pemerintah maupun pihak swasta.
4.
Siswa mengetahui dan paham akan hukum yang
mengatur tentang perekonomian di Indonesia.
5.
Siswa mengetahui akan potensi perekonomian yang
dimiliki masing-masing daerah di Indonesia.
6.
Siswa dapat mensimulasikan salah satu kegiatan di
masyarakat dengan baik.
7.
Siswa dapat mengetahui tata cara menghargai usaha
seseorang dengan benar.
8.
Siswa dapat menyebutkan kegiatan ekonomi yang
termasuk usaha kecil dan menengah.
|
1.
Data peninggalan kerajaan Hindu di Indonesia.
2.
Kerajaan Majapahit dan peran Gajah Mada bagi
nusantara.
3.
Peninggalan-peninggalan kerajaan Budha di
Indonesia.
4.
Kerajaan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim dan
pusat agama Budha di Indonesia.
5.
Peninggalan kerajaan Islam di Indonesia.
1.
Tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam
di Indonesia.
2.
Persebaran tokoh sejarah masa Hindu-Budha dan
Islam di Indonesia.
1.
Ciri kenampakan alam wilayah Indonesia.
2.
Peta persebaran flora dan fauna di Indonesia.
3.
Kenampakan buatan di Indonesia.
4.
Ciri dan sifat cuaca/iklim di wilayah Indonesia.
5.
Pengaruh perubahan cuaca dan iklim dan dampaknya
terhadap aktivitas masyarakat setempat.
6.
Pembagian waktu di Indonesia.
1.
Peta persebaran suku bangsa di Indonesia.
2.
Sikap menghormati keragama suku bangsa.
3. Keragaman
budaya di Indonesia.
4. Sikap
menghormati keragaman budaya di Indonesia.
1.
Jenis-jenis usaha perekonomian dalam masyarakat.
2.
Usaha yang dikelola sendiri atau kelompok.
3. Usaha
perekonomian yang dikelola pihak pemerintah maupun swasta.
4.
Cara menghargai usaha seseorang.
5.
Kegiatan ekonomi yang termasuk usaha kecil dan
menengah.
|
1.
Secara singkat dan skematis guru menjelaskan
kerajaan-kerajaan pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
2.
Melalui buku teks/referensi menemukan
peninggalan-peninggalan sejarah pada masa Hindu-Budha.
3. Siswa
mendiskusikan dan menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak
Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
4. Melalui
tanya jawab siswa menceritakan berbagai peninggalan sejarah yang bercorak
Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
5.
Menemukan nilai-nilai dalam setiap benda-benda
peninggalan sejarah pada masa Hindu-Budha.
6.
Siswa mendiskusikan kerajaan Majapahit dalam hal
kejayaannya, kepemimpinan raja, peran Gajah Mada, dan kehidupan sosial
masyarakatnya.
7.
Siswa mendiskusikan nilai-nilai sosial seperti
kerjasama, pengorbanan, dan disiplin yang tampak dalam pribadi Gajah Mada dan
rakyat Majapahit.
8.
Siswa mendiskusikan kerajaan Sriwijaya dalam hal
kejayaan, kepemimpinan raja, dan kehidupan sosial masyarakatnya.
9.
Siswa mendiskusikan kerajaan Islam di Indonesia
dalam hal peninggalan kerajaan, nama sunan, dan peninggalan sejarah bercorak
Islam.
10.
Siswa mendiskusikan nilai-nilai luhur yang ada
dalam kehidupan sosial masyarakat kerajaan Sriwijaya.
11.
Siswa menemukan letak kerajaan Hindu-Budha dan
Islam dalam peta.
12.
Siswa mengunjungi museum peninggalan sejarah masa
Hindu-Budha dan Islam. Untuk itu siswa perlu menyiapkan pertanyaan-pertanyaan
pengamatan, alat/sarana pengamatan, melakukan kunjungan dan membuat laporan
(daftar nilai-nilai budi luhur) yang tampak dalam benda-benda di museum yang
dikunjungi oleh anak.
1.
Guru menjelaskan peran dan nilai-nilai hidup
tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
2.
Guru menjelaskan nilai-nilai kehidupan (budi luhur,
penghargaan, toleransi, dan lain-lain) yang tampak dalam kehidupan setiap
tokoh yang dibicarakan.
3.
Siswa mendiskusikan tokoh-tokoh sejarah pada masa
Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.
4. Siswa
berdiskusi untuk mengidentifikasi tokoh-tokoh sejarah masa Hindu-Buddha dan
Islam di Indonesia lalu ditunjukkan pada
peta.
5.
Siswa menuliskan riwayat tokoh-tokoh sejarah pada
masa Hindu-Budha dan Islam di indonesia.
6.
Siswa menuliskan nilai-nilai budi luhur yang ada
dalam riwayat tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di
Indonesia.
7.
Siswa memilih salah satu tokoh sejarah yang paling
disukai untuk dipresentasikan di depan kelas.
8.
Siswa memilih salah satu tokoh sejarah untuk
bermain peran secara kelompok sesuai dengan tokoh tersebut.
9.
Siswa memilih satu tokoh sejarah yang paling
disukai dan mengemukakan nilai-nilai kehidupan yang dimilikinya serta
contoh-contoh perilakunya.
1.
Guru menjelaskan kenampakan alam dan buatan serta
pembagian waktu dengan menggunakan alat peraga yang sesuai (peta, globe, gambar kenampakan alam dan buatan dan audio
visual).
2.
Siswa mencari sumber informasi untuk mendapatkan
data tentang kenampakan alam dan buatan di Indonesia.
3.
Siswa memilih satu kenampakan alam dan buatan
untuk dipresentasikan di depan kelas.
4.
Siswa mendiskusikan keuntungan dan kerugian dengan
adanya kenampakan buatan di Indonesia.
5. Siswa
membuat daftar keuntungan dan kerugian dengan adanya kenampakan buatan di
Indonesia.
6.
Siswa membaca wacana tentang ciri dan sifat
cuaca/iklim perubahan cuaca dan iklim dan dampaknya terhadap aktivitas
masyarakat setempat.
7.
Siswa mendiskusikan perbedaan iklim dan cuaca
serta pengaruh iklim dan cuaca terhadap aktivitas masyarakat dan budaya
setempat.
8.
Siswa mendiskusikan cara pembagian waktu dan
pengaruh pembagian waktu di Indonesia.
9.
Siswa membuat peta timbul (atau menggambar peta)
dengan menggunakan simbol-simbol.
10. Siswa membuat
peta nilai (budi luhur) yang berisi kekhasan masing-masing daerah di
Indonesia.
11. Siswa meletakkan
tempat-tempat persebaran flora dan fauna dengan cara menempelkan potongan
gambar flora dan fauna ke dalam peta.
12.
Siswa melihat dan menilai gambaran peta
buatan siswa lain dan memilih yang terbaik untuk dipajang di majalah dinding.
1.
Guru menjelaskan keragaman suku
bangsa dan budaya di Indonesia.
2. Siswa
menunjukkan persebaran suku bangsa di Indonesia dengan permainan menempel nama
suku ke dalam peta (membuat daftar nama suku, kebudayaan, dan provinsinya).
3. Siswa
mendiskusikan cara menghormati keragaman suku bangsa.
4. Siswa membuat
makalah salah satu suku bangsa yang ada di Indonesia. Salah satu isi makalah
itu adalah daftar nilai-nilai (budi luhur) yang ada dalam setiap budaya dan
contoh-contoh perilaku yang menunjukkan nilai tersebut.
5.
Siswa mendiskusikan cara
menghormati keragaman budaya.
6. Secara
kelompok memperagakan salah satu kebudayaan daerah di Indonesia.
1. Siswa
mendiskusikan jenis usaha perekonomian dalam masyarakat.
2. Siswa membuat
data contoh usaha yang dikelola sendiri atau kelompok dari berbagai sumber.
3.
Siswa mendiskusikan jenis usaha perekonomian milik pemerintah dan milik swasta.
4.
Siswa mencari dan menuliskan data tentang dasar peraturan
hukum yang mengatur perekonomian di Indonesia.
5.
Guru menjelaskan berbagai potensi
masing-masing hasil perekonomian setiap daerah di Indonesia.
6. Siswa
mensimulasikan salah satu kegiatan ekonomi di masyarakat, misalnya jual beli
di pasar dan menaiki kendaraan umum.
7. Siswa
mendiskusikan cara menghargai usaha seseorang.
8. Siswa
mendiskusikan kegiatan ekonomi yang termasuk usaha kecil dan menengah.
9. Siswa membuat
kliping kegiatan ekonomi yang termasuk usaha kecil dan menengah.
|
1.
Kinerja
2.
Kinerja
3.
Kinerja
4.
Kinerja
5.
Kinerja
6.
Kinerja
7. Produk
1.
Kinerja
2.
Produk
3.
Kinerja
4. Kinerja
1.
Subjektif
2.
Objektif
3.
Objektif
4.
Produk
5.
Subjektif
6.
Subjektif
1.
Produk
2.
Pengamatan
3.
Produk
4.
Kinerja
5. Kinerja
6. Pengamatan
1.
Objektif
2.
Objektif
3. Objektif
4. Objektif
5. Subjektif
6.
Subjektif
7.
Subjektif
8.
Objektif
|
16
jam pelajaran
8
jam pelajaran
18
jam pelajaran
16
jam pelajaran
10
jam pelajaran
|
Gambar
peninggalan Hindu-Budha
Buku
IPS
Peta
Gambar peninggalan sejarah Islam
Gambar
tokoh sejarah
Buku
IPS
Peta
Indonesia
Peta
Indonesia
Buku
IPS
Gambar kenampakan alam dan buatan.
Globe
Gambar
suku bangsa
Peta
Indonesia
Buku
IPS
Gambar berbagai kebudayaan di Indonesia
Gambar
kegiatan ekonomi
Peta
Indonesia
Buku
IPS
M ajalah
UUD 1945
|
SILABUS
MATA PELAJARAN : PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS/SEMESTER : V (LIMA)/2
Standar Kompetensi:
2. Menghargai
peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan
kemerdekaan Indonesia.
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
TUJUAN
|
MATERI POKOK
|
PENGALAMAN BELAJAR
|
TEKNIK PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SARANA DAN SUMBER BELAJAR
|
2.1
Mendeskripsikan
perjuangan para tokoh pejuang masa penjajahan Belanda dan Jepang.
2.2
Menghargai
jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
2.3
Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam
memproklamasikan kemerdekaan
2.4
Menghargai
perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
2.4
Menghargai
pejuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
.
|
1.
Mengidentifikasi perjuangan para tokoh pejuang
pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
2.
Menjelaskan sikap para tokoh pejuang pada masa
penjajahan Belanda dan Jepang yang dapat diteladani.
3. Mengambil
hikmah dari perjuangan para tokoh
pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
1.Mengindentifikasi
tokoh-tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
2.Menjelaskan
proses perjuangan bangsa Indonesia dalam mempersiapkan kemerdekaannya.
3.Mengidentifikasi
nilai-nilai (budi luhur) yang tampak pada proses perjuangan bangsa Indonesia.
1.
Menyebutkan tokoh-tokoh perjuangan dalam
memproklamasikan kemerdekaan Indonesia
2.
Menyebutkan beberapa tokoh-tokoh dalam perjuangan
di daerahnya masinh-masing.
3.
Menjelaskan cara menghargai jasa dan peranan tokoh
perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
4.
Mengindentifikasi nilai-nilai positif dari tokoh
proklamasi yang dapat diteladani.
1.
Mengindentifikasi tokoh dalam mempertahankan
kemerdekaan.
2.
Menjelaskan cara menghargai perjuangan para tokoh
dalam mempertahankan kemerdekaan.
3.
Menjelaskan cara mengahrgai jasa dan peranan tokoh
perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
4.
Mengindentifikasi nilai-nilai positif dari tokoh
proklamasi yang dapat diteladani.
1.
Mengindetifikasi tokoh dalam mempertahankan
kemerdekaan.
2.
Menjelaskan
cara menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.
|
1.
Siswa dapat menyebutkan tokoh pejuang pada masa
penjajahan Belanda dan Jepang.
2.
Siswa dapat menjelaskan sikap para tokoh pejuang
pada masa penjajahan Belanda dan Jepang yang dapat diteladani.
3. Siswa
dapat mengambil hikmah atau pelajaran yang berharga dari perjuangan para
tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
1.
Siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh perjuangan
dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
2.
Siswa dapat menjelaskan proses perjuangan bangsa
Indonesia dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
3.
Siswa mampu menyebutkan nilai-nilai (budi luhur)
yang tampak dalam proses perjuangan bangsa Indonesia.
1.
Siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh perjuangan
dalam memproklamasikan kemerdekan Indonesia.
2.
Siswa dapat menyebutkan beberapa tokoh lokal dalam
perjuangan di daerahnya masing-masing.
3.
Siswa dapat menjelaskan cara menghargai jasa dan
peranan tokoh perjuangan.
4.
Siswa dapat menyebutkan nilai-nilai positif dari
tokoh proklamasi yang dapat diteladani.
1.
Siswa dapat mengenali dan mengidentifikasi tokoh-tokoh dalam mempertahankan
kemerdekaan.
2.
Siswa mampu menghargai perjuangan tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.
3.
Siswa mengetahui peranan tokoh perjuangan dalam
memproklamasikan kemerdekaan.
4.
Siswa mengetahui nilai-nilai positif dari tokoh
proklamasi yang dapat diteladani.
1.
Siswa dapat mengenali dan mengidentifikasi tokoh-tokoh dalam mempertahankan
kemerdekaan.
2.
Siswa mampu menghargai perjuangan tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.
|
1.
Tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan
Jepang.
2.
Sikap para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda
dan Jepang yang dapat diteladani
1. Tokoh-tokoh
perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
2. Proses
perjuangan tokoh-tokoh bangsa Indonesia dalam mempersiapkan kemerdekaan
Indonesia.
3. Cara
menghormati jasa dan peranan tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
1.
Tokoh-tokoh perjuangan dalam memproklamasikan
kemerdekaan Indonesia
2.
Cara menghargai jasa dan peranan tokoh dalam
memproklamasikan kemerdekaan
3. Sifat
dan nilai-nilai positif yang dapat diteladani dari tokoh proklamasi
kemerdekaan.
1.
Tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
2.
Sikap menghargai perjuangan para tokoh dalam
mempertahankan kemerdekaan.
1.
Tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.
2.
Sikap menghargai perjuangan para tokoh dalam
mempertahankan kemerdekaan.
|
1.
Siswa membuat mind
mapping (catatan singkat) tentang tokoh pejuang pada masa penjajahan
Belanda dan Jepang.
2.
Siswa membuat daftar nilai-nilai yang dimiliki
oleh tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
3.
Siswa membuat deskripsi tentang toloh pejuang pada
masa penjajahan Belanda dan Jepang.
4.
Siswa mempresentasikan perjuangan tokoh/pejuang
pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.
5.
Siswa mendiskusikan sikap para tokoh pejuang pada
masa penjajahan Belanda dan Jepang yang dapat diteladani.
6.
Siswa menulis profil tokoh pejuang untuk majalah
dinding dengan kertas karton.
1.
Secara singkat guru menjelaskan jasa dan peranan
tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.
2.
Siswa mendiskusikan tokoh pejuang kemerdekaan
dalam mempersiapkan kemerdekaan terutama jasa para pejuang, peranan para
pejuang, dan nilai-nilai positif yang dapat ditiru atau dicontoh.
3.
Siswa membuat mind
mapping/ pemetaan tentang tokoh-tokoh pejuang dalam mempersiapkan
kemerdekaan Indonesia
4.
Siswa membuat drama tentang proses perjuangan
bangsa Indonesia dalam mempersiapkan kemerdekaannya.
5.
Siswa membuat drama nilai-nilai (budi luhur) yang
tampak pada proses perjuangan bangsa Indonesia.
1.
Dengan menunjukkan gambar atau pemutaran film
Proklamasi Kemerdekaan, guru menjelaskan jasa dan peranan tokoh dalam
memproklamasikan kemerdekaan Indonesia
2.
Siswa membuat mind
mapping tentang tokoh-tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan
Indonesia
3.
Siswa mendiskusikan cara mengahargai jasa dan
peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan.
4.
Siswa mendiskusikan cara mengenai
perilaku-perilaku yang bernilai (seperti tokoh dalam perjuangan RI) pada
jaman sekarang ini, sebagai anak-anak SD kelas V
7. Siswa menuliskan
sifat dan nilai-nilai positif dari tokoh proklamasi kemerdekaan yang dapat
diteladani dalam kehidupan di masa kini..
8. Siswa mengunjungi
museum. Untuk itu siswa menyiapkan pertanyaan untuk kunjungan, sarana
kunjungan, mengamati, dan membuat laporan kunjungan, serta memprsentasikan
laopran hasil kunjungan.
1.
Sambil menunjukkan gambar perjuangan
mempertahankan kemerdekaan, guru menjelaskan perjuangan dan nilai-nilai yang
ditunjukkan oleh para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. Atau siswa
menyaksikan pemutaran film perjuangan para tokoh dalam mempertahankan
kemerdekaan.
2.
Siswa mengindentifikasi tokoh-tokoh perjuangan
dalam memproklamasikan kmerdekaan Indonesia dengan
melihat video yang diputarkan.
3.
Siswa membuat mind
mapping tentang tokoh-tokoh dan nilai-nilai yang mereka tunjukkan tokoh
dalam memproklamasikan kemerdekaan.
4.
Siswa mendiskusikan cara menghargai
perilaku-perilaku yang bernilai (seperti tokoh dalam perjuangan RI) pada
jaman sekarang ini, sebagai anak-anak kelas V SD kelas V.
5.
Menuliskan sifat dan nilai-nilai positif dari
tokoh proklamasi kemerdekaan yang dapat diteladani dalam kehidupan di masa
kini.
6.
Siswa mengunjungi museum. Untuk itu siswa
menyiapkan pertanyaan untuk kunjungan, sarana kunjungan, mengamati, dan membuat
laporan kunjungan, serta mempresentasikan laopran hasil kunjungan.
1.
Sambil menunjukkan gambar perjuangan
mempertahankan kemerdekaan, guru menjelaskan perjuangan dan nilai-nilai yang
ditunjukkan oleh para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. Atau siswa
menyaksikan pemutaran film perjuangan para tokoh dalam mempertahankan
kemerdekaan.
2.
Siswa mengindentifikasi tokoh-tokoh perjuangan
dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dengan
melihat video perjuangan yang diputarkan.
3.
Siswa membuat mind
mapping tentang tokoh-tokoh dan nilai-nilai yang mereka tunjukkan dalam
mempertahankan kemerdekaan.
4.
Siswa mendiskusikan cara menghargai nilai-nilai
perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.
5.
Siswa meringkas riwayat hidup dan nilai-nilai yang
ditunjukkan oleh salah satu tokoh pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan.
6.
Siswa menceritakan riwayat hidup dan nilai-nilai
tokoh yang sudah ditulisnya.
7.
Siswa membaca dan menilai tulisan siswa lain dan
memilih yang terbaik untuk dipajang dimajalah dinding.
|
1.
Objektif
2.
Subjektif
3. Subyektif
1.
Objektif
2.
Subjektif
3. Objektif
1.
Objektif
2.
Objektif
3.
Subjektif
4.
Objektif
1.
Objektif
2.
Subjektif
3.
Subjektif
4.
objektif
1.
Objektif
2.
Subjektif
|
8
jam pelajaran
8
jam pelajaran
8
jam pelajaran
10
jam pelajaran
10
jam pelajaran
|
Gambar
tokoh pejuang
Buku
tokoh-tokoh pejuang
Buku
IPS
Kertas karton
Gambar
tokoh pejuang
Buku
tokoh-tokoh pejuang
Buku
IPS
Gambar
tokoh pejuang
Buku
tokoh-tokoh pejuang.
Buku
IPS
Film
atau video proklamasi kemerdekaan Indonesia
Sumber
lisan (sejarah lisan, arsip)
Gambar
tokoh pejuang
Buku
tokoh-tokoh pejuang
Buku
IPS
Sumber
lisan (sejarah lisan, arsip)
Video perjuangan
Gambar
tokoh pejuang
Buku
tokoh-tokoh pejuang
Buku
IPS
Sumber
lisan (sejarah lisan, arsip)
Video perjuangan
|
Judul :
Model Silabus Sekolah Dasar Kelas 5
Penerbit : Grasindo
Tahun Terbit : 2007