Kamis, 26 April 2012

RPP PKn KELAS V


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
Nama Sekolah             :  SD
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Kewarganegaraan                                
Kelas                           :  V (Lima)
Semester                      :  2 (Dua)

Bab 3

Kompetensi Dasar
Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat.

Indikator
Menjelaskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib berbagai organisasi di sekolah dan masyarakat.

Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).

A.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyebutkan berbagai macam organisasi di masyarakat, serta menjelaskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib organisasi-organisasi tersebut. 

B.   Materi Ajar
Contoh-contoh organisasi di sekolah dan masyarakat, beserta tujuan, anggota, struktur, tata tertib, dan fungsi organisasi tersebut bagi individu dan masyarakat

C.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Kontekstual.
2.    Pendekatan Cooperative Learning.
3.    Diskusi kelas.
4.    Tanya jawab.
5.    Ceramah.
6.    Penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.   Kegiatan Awal
a)      Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b)      Guru bertanya jawab kepada siswa tentang berbagai organisasi yang ada di lingkungan tempat tinggal siswa atau organisasi apa saja yang diketahui oleh siswa (misalnya posyandu, karang taruna, lembaga les piano, atau klub sepak bola).  

2.   Kegiatan Inti
a)      Siswa diajak menyebutkan berbagai organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat.
b)      Guru memberikan ceramah kepada siswa tentang fungsi organisasi-organisasi di sekolah dan masyarakat.
c)      Guru memberikan ceramah kepada siswa tentang manfaat bergabung dengan sebuah organisasi di sekolah atau masyarakat.
d)     Guru memberi tugas kepada siswa untuk menuliskan 2 organisasi yang pernah, sedang, atau akan diikuti oleh siswa di lingkungan sekolah dan masyarakat, atau organisasi apa pun yang diketahui siswa.
e)      Siswa mengerjakan tugas.
f)       Guru memberi tugas kepada siswa untuk menuliskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib yang berlaku di kedua organisasi itu.
g)      Siswa mengerjakan tugas.
h)      Guru memeriksa pekerjaan siswa.
i)         
3.   Kegiatan Penutup                       
a)      Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b)      Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
c)      Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
1.   Kegiatan Awal
a)      Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
b)      Guru bertanya jawab kepada siswa tentang tugas yang telah dikerjakan pada pertemuan sebelumnya.  

2.   Kegiatan Inti
a)   Guru memperkenalkan beberapa narasumber, yaitu pengurus sebuah organisasi yang ada di lingkungan sekolah atau masyarakat.
b)   Narasumber memperkenalkan diri, lalu menjelaskan gambaran umum organisasi dan pengalaman singkat mengikuti oranisasi itu.
c)   Siswa mengajukan diri untuk bertanya tentang tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib yang berlaku di organisasi itu, kemudian narasumber menjawabnya.
d)   Siswa mengajukan diri untuk bertanya tentang manfaat bergabung dengan organisasi itu bagi masyarakat.
e)   Guru menugaskan siswa menulis hal-hal yang telah mereka tangkap dari pertanyaan siswa dan penjelasan narasumber.
f)    Siswa mengerjakan tugas.
g)   Guru memeriksa pekerjaan siswa.

3.   Kegiatan Penutup                       
a)   Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b)   Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
c)   Guru memperingatkan siswa untuk memfotokopi gambar halaman 69—73 pada buku teks, serta membawa pensil warna atau cryon pada pertemuan selanjutnya.
d)   Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.   Sumber/Bahan Belajar
1.    Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 63—68.
2.    Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
3.    Teman.
4.    Para pengurus dan anggota organisasi yang ada di sekolah dan masyarakat.
5.    Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, masyarakat, dst.

               F.   Penilaian 
               Teknik                         : tugas individu.
Bentuk Instrumen       : penilaian lisan, penilaian unjuk kerja (keberanian anak bertanya dan kreativitas  pertanyaan anak).

Contoh Instrumen             :    
1.    Jelaskan perbedaan organisasi dan perkumpulan!
2.    Sebutkan organisasi apa saja yang ada di sekolahmu!
3.    Sebutkan organisasi masyarakat yang ada di sekitar rumahmu!



                                     __________,  _____________________
              
             Mengetahui,                                      
           
           Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran PKn



  _______________________                                     _______________________
  NIP.                                                                           NIP.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar