Kamis, 26 April 2012

SILABUS IPS KELAS V


SILABUS


MATA PELAJARAN                        : PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS/SEMESTER             : V (LIMA)/1

Standar Kompetensi:
1.    Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam, dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
TUJUAN
MATERI POKOK
PENGALAMAN BELAJAR
TEKNIK PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SARANA DAN SUMBER BELAJAR
1.1
Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.






































































1.2
Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.













































1.3
Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya.



























































1.4
Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.




































1.5
Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.
1.    Menceritakan peninggalan kerajaan Hindu di Indonesia.

2.    Menceritakan kejayaan kerajaan Majapahit dan peran Gajah Mada bagi nusantara.

3.    Menceritakan peninggalan kerajaan Budha di Indonesia.

4.    Menceritakan kerajaan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim dan pusat agama Budha di Indonesia.

5.    Menceritakan peninggalan kerajaan Islam di Indonesia.

6.    Meneruskan nilai-nilai sosial yang tampak dari pribadi Gajah Mada dan rakyat Majapahit.

7.    Membuat daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.






































1.    Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.

2.    Menyebutkan tokoh yang paling disukai dan mengemukakan alasannya.

3.    Menemukan nilai-nilai budi luhur lokal dan sejarah Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.

4.    Menunjukkan persebaran tokoh-tokoh sejarah masa Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia.

























1.    Mengidentifikasi ciri kenampakan alam Indonesia.

2.    Menunjukkan persebaran flora dan fauna di berbagai wilayah pada peta Indonesia.

3.    Mengidentifikasi kenampakan buatan di Indonesia.

4.    Membuat peta timbul atau menggambar peta dengan menggunakan simbol.

5.    Menjelaskan ciri dan sifat cuaca/iklim perubahan cuaca dan iklim dan dampaknya terhadap aktivitas masyarakat setempat.

6.    Menjelaskan pengaruh pembagian waktu bagi kehidupan sehari-hari.


































1.    Menunjukkan pada peta, persebaran suku bangsa di Indonesia.

2.    Mengembangkan sikap menghormati keragaman suku bangsa.

3.    Membuat makalah tentang salah satu suku di Indonesia.

4.    Memperagakan salah satu kebudayaan daerah di Indonesia.

5.    Menceritakan keragaman budaya di Indonesia.

6.    Mengembangkan sikap menghormati keragaman budaya di Indonesia.








1.    Menyebutkan jenis usaha perekonomian dalam masyarakat.

2.    Menyebutkan contoh usaha yang dikelola sendiri atau kelompok.

3.    Menyebutkan jenis dan contoh usaha yang dikelola pihak pemerintah dan pihak swasta.

4.    Menyebutkan dasar peraturan hukum yang mengatur tentang perekonomian di Indonesia.

5.    Mengetahui dan paham  terhadap hasil perekonomian yang menonjol di setiap daerah (pulau) di Indonesia.

6.    Mensimulasikan salah satu kegiatan ekonomi di masyarakat.

7.    Menjelaskan cara menghargai usaha seseorang.

8.    Menyebutkan kegiatan ekonomi yang termasuk usaha kecil dan menengah.
1.    Siswa dapat menyebutkan peninggalan Hindu yang ada dalam lingkup pulau dengan tepat setelah mendapat penjelasan singkat dari guru.

2.    Siswa dapat menjelaskan tentang kerajaan Majapahit dan peran Gajah Mada dengan tepat setelah mendapat penjelasan dari guru dan buku teks.

3.    Siswa dapat menyebutkan peninggalan Budha yang ada dalam lingkup pulau dengan tepat setelah mendapat penjelasan singkat dari guru.

4.    Siswa dapat menjelaskan tentang sejarah kerajaan Sriwijaya dengan tepat setelah mendapat penjelasan dari guru dan buku teks.

5.    Siswa dapat menyebutkan peninggalan Islam yang ada dalam lingkup pulau dengan tepat setelah mendapat penjelasan singkat dari guru.

6.    Siswa dapat menyebutkan nilai-nilai sosial yang dimiliki Gajah Mada dengan tepat setelah mendapat penjelasan singkat dari guru dan buku teks.

7.    Siswa dapat menyebutkan minimal 10 dari peninggalan Hindu-Budha dan Islam di Indonesia dengan benar di akhir pembelajaran materi.











1.    Setelah mendapat penjelasan dari guru, siswa dapat menceritakan secara singkat 3 tokoh sejarah masa Hindu-Buddha dan Islam  di Indonesia dengan benar.

2.    Setelah mendapat penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan 1 tokoh yang paling disukai dan mengemukakan alasanya secara rinci.

3.    Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan nilai-nilai budi  luhur lokal dan sejarah masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia dengan baik.

4.     Melalui diskusi, siswa dapat menunjukkan 4 persebaran tokoh sejarah masa Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia dengan benar.














1.    Siswa dapat menyebutkan ciri kenampakan alam Indonesia dengan tepat setelah mengamati gambar kenampakan dan mendengarkan penjelasan guru.

2.    Siswa dapat menjelaskan persebaran flora dan fauna diberbagai wilayah pada peta Indonesia dengan tepat setelah mendengar penjelasan guru dan buku teks.

3.    Siswa dapat menyebutkan ciri kenampakan buatan di Indonesia denga n tepat setelah mendengar penjelasan singkat dan buku teks.

4.    Siswa dapat membuat peta timbul atau menggambar peta dengan menggunakan simbol dengan baik.

5.    Siswa dapat menyebutkan ciri dan sifat cuaca/iklim perubahan cuaca dan iklim dan dampaknya terhadap aktivitas masyarakat setempat dengan tepat setelah mendapatkan penjelasan guru dan buku teks.

6.    Siswa dapat menyeburkan pengaruh waktu prmbagian waktu bagi kehidupan manusia dengan baik dan tepat setelah berdiskusi dan  mendapatkan penjelasan dari guru.





1.    Siswa dapat menunjukkan pada peta persebaran  5 suku bangsa di Indonesia dengan benar.

2.    Siswa dapat menjelaskan 3 sikap menghormati keragaman suku bangsa di Indonesia dengan  baik.

3.    Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri atau karakteristik salah satu suku bangsa dengan benar.

4.    Siswa dapat memperagakan salah satu kebudayaan di Indonesia dengan  baik.

5.    Siswa dapat menceritakan 3 budaya di Indonesia dengan benar.

6.    Siswa dapat menjelaskan 3 sikap menghormati keragaman budaya di Indonesia dengan  baik.

1.    Siswa dapat menyebutkan dan paham akan jenis-jenis usaha perekonomian di masyarakat.

2.    Siswa dapat mengetahui dan mengerti berbagai usaha yang dikelola sendiri ataupun kelompok dengan benar.

3.    Siswa mampu menganalisis dengan benar berbagai jenis usaha, baik yang dikelola pemerintah maupun pihak swasta.

4.    Siswa mengetahui dan paham akan hukum yang mengatur tentang perekonomian di Indonesia.

5.    Siswa mengetahui akan potensi perekonomian yang dimiliki masing-masing daerah di Indonesia.

6.    Siswa dapat mensimulasikan salah satu kegiatan di masyarakat dengan baik.

7.    Siswa dapat mengetahui tata cara menghargai usaha seseorang dengan benar.

8.    Siswa dapat menyebutkan kegiatan ekonomi yang termasuk usaha kecil dan menengah.
1.    Data peninggalan kerajaan Hindu di Indonesia.

2.    Kerajaan Majapahit dan peran Gajah Mada bagi nusantara.

3.    Peninggalan-peninggalan kerajaan Budha di Indonesia.

4.    Kerajaan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim dan pusat agama Budha di Indonesia.

5.    Peninggalan kerajaan Islam di Indonesia.






















































1.    Tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.

2.    Persebaran tokoh sejarah masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.







































1.    Ciri kenampakan alam wilayah Indonesia.

2.    Peta persebaran flora dan fauna di Indonesia.

3.    Kenampakan buatan di Indonesia.

4.    Ciri dan sifat cuaca/iklim di wilayah Indonesia.

5.    Pengaruh perubahan cuaca dan iklim dan dampaknya terhadap aktivitas masyarakat setempat.

6.    Pembagian waktu di Indonesia.










































1.    Peta persebaran suku bangsa di Indonesia.
2.    Sikap menghormati keragama suku bangsa.

3.    Keragaman budaya di Indonesia.

4.    Sikap menghormati keragaman budaya di Indonesia.

























1.    Jenis-jenis usaha perekonomian dalam masyarakat.

2.    Usaha yang dikelola sendiri atau kelompok.

3.    Usaha perekonomian yang dikelola pihak pemerintah maupun swasta.

4.    Cara menghargai usaha seseorang.

5.    Kegiatan ekonomi yang termasuk usaha kecil dan menengah.
1.    Secara singkat dan skematis guru menjelaskan kerajaan-kerajaan pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.

2.    Melalui buku teks/referensi menemukan peninggalan-peninggalan sejarah pada masa Hindu-Budha.

3.    Siswa mendiskusikan dan menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.

4.    Melalui tanya jawab siswa menceritakan berbagai peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.

5.    Menemukan nilai-nilai dalam setiap benda-benda peninggalan sejarah pada masa Hindu-Budha.

6.    Siswa mendiskusikan kerajaan Majapahit dalam hal kejayaannya, kepemimpinan raja, peran Gajah Mada, dan kehidupan sosial masyarakatnya.

7.    Siswa mendiskusikan nilai-nilai sosial seperti kerjasama, pengorbanan, dan disiplin yang tampak dalam pribadi Gajah Mada dan rakyat Majapahit.

8.    Siswa mendiskusikan kerajaan Sriwijaya dalam hal kejayaan, kepemimpinan raja, dan kehidupan sosial masyarakatnya.

9.    Siswa mendiskusikan kerajaan Islam di Indonesia dalam hal peninggalan kerajaan, nama sunan, dan peninggalan sejarah bercorak Islam.

10.    Siswa mendiskusikan nilai-nilai luhur yang ada dalam kehidupan sosial masyarakat kerajaan Sriwijaya.

11.    Siswa menemukan letak kerajaan Hindu-Budha dan Islam dalam peta.

12.    Siswa mengunjungi museum peninggalan sejarah masa Hindu-Budha dan Islam. Untuk itu siswa perlu menyiapkan pertanyaan-pertanyaan pengamatan, alat/sarana pengamatan, melakukan kunjungan dan membuat laporan (daftar nilai-nilai budi luhur) yang tampak dalam benda-benda di museum yang dikunjungi oleh anak.


1.    Guru menjelaskan peran dan nilai-nilai hidup tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.

2.    Guru menjelaskan nilai-nilai kehidupan (budi luhur, penghargaan, toleransi, dan lain-lain) yang tampak dalam kehidupan setiap tokoh yang dibicarakan.

3.    Siswa mendiskusikan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.

4.    Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi tokoh-tokoh sejarah masa Hindu-Buddha dan Islam di Indonesia lalu ditunjukkan pada peta.

5.    Siswa menuliskan riwayat tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di indonesia.

6.    Siswa menuliskan nilai-nilai budi luhur yang ada dalam riwayat tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia.

7.    Siswa memilih salah satu tokoh sejarah yang paling disukai untuk dipresentasikan di depan kelas.

8.    Siswa memilih salah satu tokoh sejarah untuk bermain peran secara kelompok sesuai dengan tokoh tersebut.

9.    Siswa memilih satu tokoh sejarah yang paling disukai dan mengemukakan nilai-nilai kehidupan yang dimilikinya serta contoh-contoh perilakunya.

1.    Guru menjelaskan kenampakan alam dan buatan serta pembagian waktu dengan menggunakan alat peraga yang sesuai (peta, globe, gambar kenampakan alam dan buatan dan audio visual).

2.    Siswa mencari sumber informasi untuk mendapatkan data tentang kenampakan alam dan buatan di Indonesia.

3.    Siswa memilih satu kenampakan alam dan buatan untuk dipresentasikan di depan kelas.

4.    Siswa mendiskusikan keuntungan dan kerugian dengan adanya kenampakan buatan di Indonesia.

5.    Siswa membuat daftar keuntungan dan kerugian dengan adanya kenampakan buatan di Indonesia.

6.    Siswa membaca wacana tentang ciri dan sifat cuaca/iklim perubahan cuaca dan iklim dan dampaknya terhadap aktivitas masyarakat setempat.

7.    Siswa mendiskusikan perbedaan iklim dan cuaca serta pengaruh iklim dan cuaca terhadap aktivitas masyarakat dan budaya setempat.

8.    Siswa mendiskusikan cara pembagian waktu dan pengaruh pembagian waktu di Indonesia.

9.    Siswa membuat peta timbul (atau menggambar peta) dengan menggunakan simbol-simbol.

10.    Siswa membuat peta nilai (budi luhur) yang berisi kekhasan masing-masing daerah di Indonesia.

11.    Siswa meletakkan tempat-tempat persebaran flora dan fauna dengan cara menempelkan potongan gambar flora dan fauna ke dalam peta.

12.    Siswa melihat dan menilai gambaran peta buatan siswa lain dan memilih yang terbaik untuk dipajang di majalah dinding.

1.    Guru menjelaskan keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.

2.    Siswa menunjukkan persebaran suku bangsa di Indonesia dengan permainan menempel nama suku ke dalam peta (membuat daftar nama suku, kebudayaan, dan provinsinya).

3.    Siswa mendiskusikan cara menghormati keragaman suku bangsa.

4.    Siswa membuat makalah salah satu suku bangsa yang ada di Indonesia. Salah satu isi makalah itu adalah daftar nilai-nilai (budi luhur) yang ada dalam setiap budaya dan contoh-contoh perilaku yang menunjukkan nilai tersebut.

5.    Siswa mendiskusikan cara menghormati keragaman budaya.

6.    Secara kelompok memperagakan salah satu kebudayaan daerah di Indonesia.









1.    Siswa mendiskusikan jenis usaha perekonomian dalam masyarakat.

2.    Siswa membuat data contoh usaha yang dikelola sendiri atau kelompok dari berbagai sumber.

3.    Siswa mendiskusikan  jenis usaha perekonomian  milik pemerintah dan milik swasta.

4.    Siswa mencari dan  menuliskan data tentang dasar peraturan hukum yang mengatur perekonomian di Indonesia.

5.    Guru menjelaskan berbagai potensi masing-masing hasil perekonomian setiap daerah di Indonesia.

6.    Siswa mensimulasikan salah satu kegiatan ekonomi di masyarakat, misalnya jual beli di pasar dan menaiki kendaraan umum.

7.    Siswa mendiskusikan cara menghargai usaha seseorang.

8.    Siswa mendiskusikan kegiatan ekonomi yang termasuk usaha kecil dan menengah.

9.    Siswa membuat kliping kegiatan ekonomi yang termasuk usaha kecil dan menengah.
1.    Kinerja




2.    Kinerja






3.    Kinerja




4.    Kinerja







5.    Kinerja




6.    Kinerja






7.    Produk











































1.    Kinerja






2.    Produk





3.    Kinerja






4.    Kinerja































1.    Subjektif



2.    Objektif






3.    Objektif




4.    Produk






5.    Subjektif









6.    Subjektif






































1.    Produk





2.    Pengamatan





3.    Produk




4.    Kinerja





5.    Kinerja




6.    Pengamatan













1.    Objektif





2.    Objektif





3.    Objektif






4.    Objektif






5.    Subjektif








6.    Subjektif




7.    Subjektif



8.    Objektif

16 jam pelajaran















































































8 jam pelajaran


















































18 jam pelajaran






































































16 jam pelajaran








































10 jam pelajaran
Gambar peninggalan Hindu-Budha


Buku IPS


Peta


Gambar peninggalan sejarah Islam

































































Gambar tokoh sejarah


Buku IPS

Peta Indonesia











































Peta Indonesia


Buku IPS


Gambar kenampakan alam dan buatan.
Globe



























































Gambar suku bangsa

Peta Indonesia


Buku IPS


Gambar berbagai kebudayaan di Indonesia


























Gambar kegiatan ekonomi


Peta Indonesia


Buku IPS


M ajalah


UUD 1945








SILABUS


MATA PELAJARAN                        : PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS/SEMESTER             : V (LIMA)/2

Standar Kompetensi:
2.    Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
TUJUAN
MATERI POKOK
PENGALAMAN BELAJAR
TEKNIK PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SARANA DAN SUMBER BELAJAR
2.1
Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang masa penjajahan Belanda dan Jepang.























2.2
Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia






















2.3
Menghargai  jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan


































2.4
Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan












































2.4
Menghargai pejuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan






























.
1.    Mengidentifikasi perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.

2.    Menjelaskan sikap para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang yang dapat diteladani.

3.    Mengambil hikmah dari perjuangan  para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.







1.Mengindentifikasi tokoh-tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

2.Menjelaskan proses perjuangan bangsa Indonesia dalam mempersiapkan kemerdekaannya.

3.Mengidentifikasi nilai-nilai (budi luhur) yang tampak pada proses perjuangan bangsa Indonesia.











1.    Menyebutkan tokoh-tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia

2.    Menyebutkan beberapa tokoh-tokoh dalam perjuangan di daerahnya masinh-masing.

3.    Menjelaskan cara menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

4.    Mengindentifikasi nilai-nilai positif dari tokoh proklamasi yang dapat diteladani.















1.    Mengindentifikasi tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.

2.    Menjelaskan cara menghargai perjuangan para tokoh dalam  mempertahankan kemerdekaan.

3.    Menjelaskan cara mengahrgai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

4.    Mengindentifikasi nilai-nilai positif dari tokoh proklamasi yang dapat diteladani.

























1.    Mengindetifikasi tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.

2.     Menjelaskan cara menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.










1.    Siswa dapat menyebutkan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.

2.    Siswa dapat menjelaskan sikap para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang yang dapat diteladani.

3.    Siswa dapat mengambil hikmah atau pelajaran yang berharga dari perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.




1.    Siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

2.    Siswa dapat menjelaskan proses perjuangan bangsa Indonesia dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

3.    Siswa mampu menyebutkan nilai-nilai (budi luhur) yang tampak dalam proses perjuangan bangsa Indonesia.








1.    Siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekan Indonesia.

2.    Siswa dapat menyebutkan beberapa tokoh lokal dalam perjuangan di daerahnya masing-masing.

3.    Siswa dapat menjelaskan cara menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan.

4.    Siswa dapat menyebutkan nilai-nilai positif dari tokoh proklamasi yang dapat diteladani.














1.    Siswa dapat mengenali dan mengidentifikasi  tokoh-tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.

2.    Siswa mampu menghargai perjuangan tokoh dalam  mempertahankan kemerdekaan.

3.    Siswa mengetahui peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan.

4.    Siswa mengetahui nilai-nilai positif dari tokoh proklamasi yang dapat diteladani.

























1.    Siswa dapat mengenali dan mengidentifikasi  tokoh-tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.

2.    Siswa mampu menghargai perjuangan tokoh dalam  mempertahankan kemerdekaan.
1.      Tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.

2.    Sikap para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang yang dapat diteladani


















1.  Tokoh-tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

2.  Proses perjuangan tokoh-tokoh bangsa Indonesia dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

3.  Cara menghormati jasa dan peranan tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.







1.    Tokoh-tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia

2.    Cara menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan

3.    Sifat dan nilai-nilai positif yang dapat diteladani dari tokoh proklamasi kemerdekaan.



















1.    Tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan

2.    Sikap menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.








































1.    Tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.

2.    Sikap menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.























1.    Siswa membuat mind mapping (catatan singkat) tentang tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.

2.    Siswa membuat daftar nilai-nilai yang dimiliki oleh tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.

3.    Siswa membuat deskripsi tentang toloh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.

4.    Siswa mempresentasikan perjuangan tokoh/pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.

5.    Siswa mendiskusikan sikap para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang yang dapat diteladani.

6.    Siswa menulis profil tokoh pejuang untuk majalah dinding dengan kertas karton.

1.    Secara singkat guru menjelaskan jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

2.    Siswa mendiskusikan tokoh pejuang kemerdekaan dalam mempersiapkan kemerdekaan terutama jasa para pejuang, peranan para pejuang, dan nilai-nilai positif yang dapat ditiru atau dicontoh.

3.    Siswa membuat mind mapping/ pemetaan tentang tokoh-tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia

4.    Siswa membuat drama tentang proses perjuangan bangsa Indonesia dalam mempersiapkan kemerdekaannya.

5.    Siswa membuat drama nilai-nilai (budi luhur) yang tampak pada proses perjuangan bangsa Indonesia.

1.    Dengan menunjukkan gambar atau pemutaran film Proklamasi Kemerdekaan, guru menjelaskan jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia

2.    Siswa membuat mind mapping tentang tokoh-tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia

3.    Siswa mendiskusikan cara mengahargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan.

4.    Siswa mendiskusikan cara mengenai perilaku-perilaku yang bernilai (seperti tokoh dalam perjuangan RI) pada jaman sekarang ini, sebagai anak-anak SD kelas V

7.    Siswa menuliskan sifat dan nilai-nilai positif dari tokoh proklamasi kemerdekaan yang dapat diteladani dalam kehidupan di masa kini..

8.    Siswa mengunjungi museum. Untuk itu siswa menyiapkan pertanyaan untuk kunjungan, sarana kunjungan, mengamati, dan membuat laporan kunjungan, serta memprsentasikan laopran hasil kunjungan.

1.    Sambil menunjukkan gambar perjuangan mempertahankan kemerdekaan, guru menjelaskan perjuangan dan nilai-nilai yang ditunjukkan oleh para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. Atau siswa menyaksikan pemutaran film perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.

2.    Siswa mengindentifikasi tokoh-tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kmerdekaan Indonesia dengan melihat video yang diputarkan.

3.    Siswa membuat mind mapping tentang tokoh-tokoh dan nilai-nilai yang mereka tunjukkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan.

4.    Siswa mendiskusikan cara menghargai perilaku-perilaku yang bernilai (seperti tokoh dalam perjuangan RI) pada jaman sekarang ini, sebagai anak-anak kelas V SD kelas V.

5.    Menuliskan sifat dan nilai-nilai positif dari tokoh proklamasi kemerdekaan yang dapat diteladani dalam kehidupan di masa kini.

6.    Siswa mengunjungi museum. Untuk itu siswa menyiapkan pertanyaan untuk kunjungan, sarana kunjungan, mengamati, dan membuat laporan kunjungan, serta mempresentasikan laopran hasil kunjungan.

1.    Sambil menunjukkan gambar perjuangan mempertahankan kemerdekaan, guru menjelaskan perjuangan dan nilai-nilai yang ditunjukkan oleh para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan. Atau siswa menyaksikan pemutaran film perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.

2.    Siswa mengindentifikasi tokoh-tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dengan melihat video perjuangan yang diputarkan.

3.    Siswa membuat mind mapping tentang tokoh-tokoh dan nilai-nilai yang mereka tunjukkan dalam mempertahankan kemerdekaan.

4.    Siswa mendiskusikan cara menghargai nilai-nilai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.

5.    Siswa meringkas riwayat hidup dan nilai-nilai yang ditunjukkan oleh salah satu tokoh pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan.

6.    Siswa menceritakan riwayat hidup dan nilai-nilai tokoh yang sudah ditulisnya.

7.    Siswa membaca dan menilai tulisan siswa lain dan memilih yang terbaik untuk dipajang dimajalah dinding.
1.    Objektif







2.    Subjektif







3.    Subyektif














1.    Objektif






2.    Subjektif






3.    Objektif
















1.    Objektif






2.    Objektif






3.    Subjektif







4.    Objektif



















1.    Objektif




2.    Subjektif






3.    Subjektif







4.    objektif





























1.    Objektif




2.    Subjektif






















8 jam pelajaran





























8 jam pelajaran





























8 jam pelajaran








































10 jam pelajaran
















































10 jam pelajaran


























Gambar tokoh pejuang


Buku tokoh-tokoh pejuang


Buku IPS


Kertas karton



















Gambar tokoh pejuang


Buku tokoh-tokoh pejuang


Buku IPS






















Gambar tokoh pejuang


Buku tokoh-tokoh pejuang.


Buku IPS


Film atau video proklamasi kemerdekaan Indonesia


Sumber lisan (sejarah lisan, arsip)






















Gambar tokoh pejuang


Buku tokoh-tokoh pejuang


Buku IPS

Sumber lisan (sejarah lisan, arsip)


Video perjuangan

































Gambar tokoh pejuang


Buku tokoh-tokoh pejuang


Buku IPS


Sumber lisan (sejarah lisan, arsip)


Video perjuangan
































Judul               : Model Silabus Sekolah Dasar Kelas 5
Penerbit           : Grasindo                       
Tahun Terbit    : 2007

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar